PERATURAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN CBP 2014
Hasil Rakernas di LPMP Jakarta, 24-27 Pebruari 2014
TAHAPAN
PENDIDIKAN DAN LATIHAN
Pasal 1
A. ORIENTASI CBP
1.
Pengertian
Orientasi CBP adalah
pendidikan yang bersifat pengenalan yang memiliki sasaran untuk memperkenalkan
bentuk organisasi IPNU dan CBP kepada calon anggota CBP yang berada di tingkat
CBP
2.
Tujuan
Orientasi CBP
a.
Membentuk
watak pengabdian terhadap lingkungan dan masyarakatb. Membangun watak dengan mengembangkan nilai-nilai pengabdian pada kegiatan kemanusiaan
c.
Menambah
wacana tentang wawasan kebangsaan
d.
Memahami
ajaran Ahlus Sunnah wal Jamaah
e.
Memahami
eksisitensi IPNU
f.
Memahami
CBP
g.
Memiliki
rasa kepedulian sosial yang tinggi
3.
Peserta
Orientasi CBP
a.
Anggota
IPNU atau calon anggota CBP
b.
Usia
12 – 15 Tahun
c.
Patuh
dan Taat kepada organisasi IPNU & CBP
d.
Masih
aktif tercatat sebagai siswa atau santri yang bersangkutan
4.
Pelaksana
Orientasi CBP
Orientasi dilaksanakan oleh
Ranting dan/komisariat diikuti oleh sekurang-kurangnya 10 orang
5.
Materi
Orientasi
a.
Aswaja
b.
Ke-IPNU-an
c.
Ke-CBP-an
d.
PBB
e.
Orientasi
alam bebas
f.
Wawasan
Wiyata Mandala
B. PENDIDIKAN DAN LATIHAN
PERTAMA (DIKLATAMA)
1.
Pengertian
Diklatama adalah pendidikan
dan latihan yang memilki sasaran untuk memperkenalkan IPNU secara umum dan CBP
pada khususnya kepada para anggota baru CBP yang sekaligus membangun komitmen
dan watak kader dalam kebersamaan membangun bangsa
2.
Tujuan
Diklatama CBP
a.
Membentuk
watak dan rasa kepedulian yang tinggi terhadap lingkungan dan masyarakat
b.
Membangun
watak dengan mengembangkan nilai-nilai pengabdian pada kegiatan sosial
kemanusiaan
c.
Menambah
wacana tentang wawasan kebangsaan
d.
Memahami
Ajaran Ahlus Sunnah wal Jamaah
e.
Memahami
eksisitensi IPNU
f.
Memahami
CBP
g.
Memiliki
rasa kepedulian dan kepekaan sosial yang tinggi
3.
Peserta
Diklatama CBP
a.
Anggota
IPNU atau calon
anggota CBP
b.
Usia
15 – 25 Tahun
c.
Patuh
dan Taat kepada organisasi IPNU & CBP
4.
Pelaksana
Diklatama
Diklatama dilaksanakan oleh
Dewan Koordinator Cabang atau Dewan Koordinator Anak Cabang dan diikuti oleh
sekurang kurangnya 15 orang
5.
Materi
Diklatama
a.
Aswaja
b.
Ke-IPNU-an
c.
Ke-NU-an
d.
Ke-CBP-an
e.
Komunikasi
dan Kerjasama Tim
f.
Wawasan
Kebangsaan
g.
Peraturan
Baris Berbaris (PBB) & Tata Laksana Upacara
h.
Latihan
Dasar Bela Diri
i.
Pengenalan
Dasar Search and Rescue ( SAR )
j.
Orientasi
alam bebas (produk Lokal)
k.
Kebijaksanaan
pengelolaan lingkungan
l.
Sosiologi
pedesaan atau perkotaan
C. PENDIDIKAN DAN LATIHAN
MADYA (DIKLATMAD)
1.
Pengertian
Diklat Madya adalah
pendidikan dan latihan yang memiliki sasaran untuk meningkatkan kualitas kader
IPNU secara umum dan CBP khususnya kepada para anggota yang pernah melaksanakan
tugas CBP dan memperkokoh komitmen kader dalam kebersamaanya membangun bangsa
2.
Tujuan
Dilkat Madya CBP
a.
Menambah
wacana dan membentuk watak pengabdian terhadap lingkungan dan masyarakat
b.
Menambah
wacana dan membentuk watak dengan mengembangkan nilai-nilai pengabdian pada
kegiatan sosial kemanusiaan
c.
Mampu
mengidentivikasi dan memahami problem organisasi
d.
Menyiapkan
tenaga pelatih yang handal di tingkat cabang
e.
Menyiapkan
kader kader CBP yang mampu menjadi
konseptor dan generator organisasi
3.
Peserta
Diklatmad
a.
Telah
mengikuti Diklatama
b.
Usia
17 – 27 tahun
c.
Sehat
jasmani dan rohani
d.
Tidak
pernah mempunyai catatan negatif pada organisasi
e.
Patuh
dan taat kepada organisasi CBP & IPNU
4.
Pelaksanaan
Diklat madya
Diklatmad dilaksanakan oleh Dewan
Koordinator Wilayah atau Dewan Koordinator Cabang yang ditunjuk oleh DKW CBP
5.
Materi
Diklatmad
a.
Ke-NU-an
dan Aswaja
b.
Ke-CBP-an
c.
Komunikasi
Masa
d.
Pembangunan
daerah
e.
Ke-Pecinta
Alam-an
f.
Analisa
Realita dan atau sosial
g.
Search
and Rescue (SAR)
h.
Manajemen
Penanggulangan bencana
D. PENDIDIKAN DAN LATIHAN
NASIONAL (DIKLATNAS)
1.
Pengertian
Diklatnas adalah merupakan pendidikan yang memiliki
sasaran untuk memantapkan kader IPNU secara umum dan CBP khususnya di tingkat
wilayah dan nasional agar kader CBP
dapat maksimal dalam pengabdianya terhadap bangsa dan negara
2.
Tujuan
Diklatnas
a.
Memantapkan
sikap dan watak sekaligus perjuangan dalam pengabdian terhadap lingkungan dan
sosial masyarakat
b.
Memantapkan
sikap dan watak sekaligus perjuangan dengan mengembangkan nilai-nilai
pengabdian pada kegiatan kemanusiaan
c.
Memantapkan
sikap dan watak sekaligus perjuangan dalam ajaran Ahlus Sunnah wal Jamaah
d.
Mampu
mengembangkan peran CBP dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
3.
Peserta
Diklatnas CBP
a.
Telah
mengikuti Diklatmad
b.
Usia
20 - 30 tahun
c.
Sehat
jasmani dan rohani
d.
Taat
dan patuh kepada peraturan organisasi
4.
Materi
Diklatnas
a.
Ke-NU-an
dan Aswaja
b.
Ke-CBP-an
c.
Wawasan
Nusantara
d.
Komunikasi
Massa
e.
Wawasan
Internasional
f.
Search
and Rescue
g.
Keprotokolan
E. PENDIDIKAN DAN
LATIHAN RUTIN
Pendidikan dan latihan rutin dilakukan
oleh kelompok-kelompok
yang terbentuk atau
diselenggarakan dengan waktu yang berkala
KISI-KISI
MATERI
ORIENTASI CBP
1. Aswaja
Pokok pokok pembahasan :
a. Pengertian dan dalil dalil
aswaja sebagai faham keagamaan dalam islam
b. Sejarah Aswaja
c. Nilai Aswaja
2. Ke-IPNU-an
Pokok pokok pembahasan :
a. Sejarah kelahiran IPNU
b. Perkembangan IPNU
c. Tujuan IPNU & Fungsi
IPNU
3. Ke-CBP-an
Pokok pokok pembahasan :
a. Sejarah berdirinya CBP
b. Pengenalan atribut CBP dan
artinya
c. Tujuan CBP & Fungsi
4. Komunikasi dan kerja sama
Tim
Pokok pokok pembahasan :
a. Apa itu komunikasi &
Kerjasama
b. Bagaimana seharusnya berkomunikasi
dan bekerja sama
c. Mengapa harus berkomunikasi
dan bekerjasama
5. Peraturan baris berbaris
dan tata laksanan upacara
Pokok pokok pembahasan :
a. Pengetahuan dasar PBB
b. Pengetahuan dasar tata
laksanan Upacara
c. Protokoler
6. Orientasi Alam Bebas
Pokok pokok pembahasan :
a. Pengenalan alam
b. Manajemen perjalanan
KISI-KISI MATERI
PENDIDIKAN DAN
PELATIHAN PERTAMA (DIKLATAMA)
USIA 15-18 TAHUN
1. Aswaja
Pokok pokok pembahasan :
a.
Pengertian
dan dalil-dalil Aswaja sebagai faham keagamaan dalam islam
b.
Sejarah
Aswaja
c.
Aswaja
sebagai Faham NU
2. Ke-NU-an
Pokok pokok pembahasan :
a. Sejarah NU
b. Bentuk organisasi
Pengenalan Banom di NU
c. Hubungan NU dengan IPNU/CBP
3. Ke-IPNU-an
Pokok pokok pembahasan :
a. Sejarah kelahiran IPNU
b. Perkembangan IPNU dari masa
ke masa
c. Tujuan & Fungsi IPNU
d. Sejarah IPNU ( lokal )
4. Ke-CBP-an
Pokok pokok pembahasan :
a. Sejarah berdirinya CBP
b. Pengenalan atribut CBP dan
artinya
c. Tujuan, fungsi dan peran
CBP
d. Sejarah CBP ( lokal )
5. Komunikasi dan kerja sama
Tim
Pokok pokok pembahasan :
a. Apa itu komunikasi &
Kerjasama
b. Bagaimana seharusnya
berkomunikasi dan bekerja sama
c. Mengapa harus berkomunikasi
dan bekerjasama
d. Teknik komunikasi dan
kerjasama dilapangan
6. Peraturan baris berbaris
dan tata laksanan upacara
Pokok pokok pembahasan :
a.
Pengetahuan
dasar PBB
b. Pengetahuan dasar tata
laksanan Upacara
c. Bentuk Upacara Lapangan
d. Protokoler
7. Latihan Dasar Beladiri
Pokok pokok pembahasan :
a. Teknik Pukulan
b. Teknik Tendangan
c. Teknik Bantingan
d. Teknik Kuncian
e. Tangkisan
8. Wawasan Kebangsaan
Pokok pokok pembahasan :
a. Proses lahirnya Pancasila
& UUD 45
b. Pengamalan Pancasila &
UUD 45
9. Search and Rescue ( SAR )
Pokok pokok pembahasan :
a. Sejarah SAR di Indonesia
b. Organisasi SAR di Indonesia
c. Pengenalan Teknik dasar SAR
10. Survival
Pokok pokok pembahasan :
a. Mengetahui tumbuhan yang
dapat dimakan
b. Bagaimana bertahan hidup di
alam bebas
KISI-KISI
MATERI
PENDIDIKAN
DAN LATIHAN PERTAMA
USIA
18-25 TAHUN
1. Aswaja
Pokok pokok pembahasan :
a.
Pengertian
dan dalil-dalil Aswaja sebagai faham keagamaan dalam islam
b.
Sejarah
Aswaja
c.
Aswaja
sebagai Faham NU
2. Ke-NU-an
Pokok pokok pembahasan :
a. Sejarah NU
b. Bentuk organisasi & Pengenalan Banom di NU
c. Hubungan NU dengan IPNU/CBP
3. Ke-IPNU-an
Pokok pokok pembahasan :
a. Sejarah kelahiran IPNU
b. Perkembangan IPNU dari masa
ke masa
c. Tujuan & Fungsi IPNU
d. Sejarah IPNU ( lokal )
4. Ke-CBP-an
Pokok pokok pembahasan :
a. Sejarah berdirinya CBP
b. Pengenalan atribut CBP dan
artinya
c. Tujuan, fungsi dan peran
CBP
d. Sejarah CBP ( lokal )
5. Komunikasi dan kerja sama
Tim
Pokok pokok pembahasan :
a. Apa itu komunikasi &
Kerjasama
b. Bagaimana seharusnya
berkomunikasi dan bekerja sama
c. Mengapa harus berkomunikasi
dan bekerjasama
d. Teknik komunikasi dan
kerjasama dilapangan
6. Peraturan baris berbaris
dan tata laksanan upacara
Pokok pokok pembahasan :
a.
Pengetahuan
dasar PBB
b. Pengetahuan dasar tata
laksanan Upacara
c. Bentuk Upacara Lapangan
d. Protokoler Upacara
7. Latihan Dasar Beladiri
Pokok pokok pembahasan :
a. Fungsi Beladiri
b. Tujuan Beladiri
c. Teknik Beladiri
- Teknik Pukulan
- Teknik Tendangan
- Teknik Bantingan
- Teknik Kuncian
- Tangkisan
d. Seni Beladiri
8. Wawasan Kebangsaan
Pokok pokok pembahasan :
a. Proses lahirnya Pancasila
& UUD 45
b. Pengamalan Pancasila &
UUD 45
9. Search and Rescue ( SAR )
Pokok pokok pembahasan :
a. Sejarah SAR di Indonesia
b. Organisasi SAR di Indonesia
c. Pengenalan Teknik dasar SAR
10. Orientasi alam bebas
a. Climbing
b. Prusiking
c. Repling
d. Rock Climbing
e. Tracking Hiking/pendakian
f. Packing (penataan)
g. Survival
h. Orientasi medan
11. Kebijaksanaan Pengelolaan
lingkungan
Pokok pokok pembahasan :
a. Macam-macam hutan dan
manfaatnya
b. Dasar-dasar pengelolaan
lingkungan
c. Teknik pengelolaan
lingkungan
12. Sosiologi pedesaan
Pokok pokok pembahasan :
a. Karakteristik masyarakat
pedesaan
b. Pendekatan dan kajian
budaya masyarakat pedesaan
c. Metode/ tehnik berintraksi
dengan masyarakat
KISI-KISI
MATERI
PENDIDIKAN
DAN LATIHAN MADYA (DIKLATMAD)
1.
Ke-CBP-an
Pokok pokok pembahasan :
a.
Mekanisme
dan Peraturan organisasi
b.
Program kegiatan CBP
c.
Kepribadian
anggota CBP
2.
Komunikasi
Massa
Pokok pokok pembahasan :
a.
Pengertian
komunikasi massa
b.
Psikologi
komunikasi
c.
Pengertian
publik opini dan propaganda
3.
Pembangunan
Daerah
Pokok pokok pembahasan :
a.
Otonomi
daerah
b.
Pembangunan
yang berwawasan lingkungan
c.
Peranan
dan partisipasi organisasi pada otonomi daerah
4.
Search
and Rescue (SAR)
Pokok pokok pembahasan :
a.
Navigasi
b.
Tehnik-tehnik
pencarian korban
c.
Evakuasi
korban
5.
Ke-Palang
Merah-an
Pokok pokok pembahasan :
a.
Penanganan
dalam kedaruratan medis
6.
Manajemen
Penanggulangan Bencana
Pokok pokok pembahasan :
a.
Pengertian
b.
Perkampungan
Darurat
c.
Dapur
Umum
KISI-KISI
MATERI
PENDIDIKAN
DAN PELATIHAN NASIONAL (DIKLATNAS)
1.
Ke
– NU – an Dan Ke – Aswaja – an
Pokok pokok pembahasan :
a.
Peran
NU dalam Kehidupan Berbangsa dan bernegara
b.
Peran
NU di dunia Internasional
2.
Ke-CBP-an
Pokok pokok pembahasan :
a.
Pengabdian
CBP
b.
Pembangunan
CBP
c.
Program
umum CBP
d.
Hakekat
CBP
3.
Wawasan
Nusantara
Pokok pokok pembahasan :
a.
Hakekat
Wawasan Nusantara
b.
Batas
Wilayah
c.
Ekopoleksosbud
4.
Wawasan
Interrnasional
Pokok pokok pembahasan :
a.
Hakekat
kerjasama Internasional
b.
Pergaulan
Internasional bebas dan aktif
c.
Hak
Asasi Manusia (HAM)
5.
Search
and Rescue (SAR)
Pokok pokok pembahasan :
a.
Navigasi
Lanjutan
b.
Teknik
SAR Laut
c.
Teknik
SAR Udara
d.
Teknik
SAR Darat
6.
Keprotokolan
Pokok pokok pembahasan :
a.
Hakekat
Keprotokolan
b.
Pengertian
keprotokolan
c.
Dasar-dasar
keprotokolan
d.
Teknik-teknik
keprotokolan
Pasal
2
WAKTU
PENDIDIKAN DAN LATIHAN
1.
Orientasi
: 1 - 2 hari
2.
Diklatama
: 3 – 5 hari
3.
Diklatmad
: 3 – 6 hari
4.
Diklatnas
: 4 – 7 hari
Pasal
3
TANDA
LULUS
Tanda
lulus akan diberikan berupa sertifikat.
Pasal
4
PENDIDIKAN DAN LATIHAN RUTIN
Pendidikan dan latihan rutin dilakukan
oleh regu-regu yang terbentuk dan diselenggarakan dengan waktu yang berkala dan
dikoordinir oleh DKC atau DKAC
Pasal
5
PENDIDIKAN DAN LATIHAN KHUSUS
Disamping
kegiatan di atas, maka ada beberapa Diklat yang dapat diselenggarakan dalam
waktu-waktu khusus dan bila diperlukan :
1.
Diklat
Calon Pelatih
2.
Diklat-diklat
lain yang diperlukan
Pasal
6
PENDEKATAN LATIHAN
1. Pendekatan Latihan
Partisipatif
Adalah salah satu bentuk
kegiatan proses belajar mengajar yang melibatkan peserta secara aktif dan
dinamis, dalam hal ini latihan diarahkan pada proses membantu peserta agar
terlatih dalam rangka mengembangkan potensi yang dimiliki. Latihan sebagai
laboratorium informasi sehingga informasi dan peristiwa yang ditangkap kemudian
direfleksikan oleh peserta untuk diproses menjadi pengetahuan, sikap dan
keterampilan yang dibutuhkannya. Pendekatan ini mengeterapkan prinsip, konsep pendidikan
yang berimbang pada Andragogi (pendidikan ala orang dewasa), Paedagogi
(pendidikan ala anak-anak) Sosiologi (pendidikan kemasyarakatan) dan
Pysichologi (pendidikan kejiwaan). Pendekatan ini mendasarkan pada :
a. Prinsip “ Pengalaman adalah
guru yang terbaik “
- Saya dengar ………………………… maka
saya lupa
- Saya lihat …………………………….
maka saya ingat
- Saya lakukan ………………………..
maka saya faham
b. Daur pengalaman berstruktur
- Peserta melakukan atau
mengalami
- Peserta mengungkapkan
pengalamannya
- Peserta menganalisis
- Peserta menyimpulkan
- Peserta menerapkan kembali
c. Pendekatan Doktriner
(kondisional/disesuaikan dengan kebutuhan)
2. Pendekatan Humanistik
Pendekatan humanistik
adalah merupakan sintesa dari pendekatan paedagogi dengan pengertian :
a. Sumber belajar adalah
pengalaman peserta itu sendiri. Pelatih membantu menyimpulkan dan
mensistematisir pengalamannya itu.
Karena orientasinya ditekankan pada proses belajar dan isi makna proses
itu
b. Perencanaan Materi Latihan
dipusatkan oleh peserta, pelatih membantu menyusun dalam sekian urutan
penyajian dan menempatkannya
c. dalam konfigurasi latihan
sesuai dengan identifikasi kebutuhan dan tujuan latihan
d. Belajar dipandang sebagai
pemahaman masalah (problem solving) dan membulatkan pengetahuan serta
pengalaman dengan informasi dari nara sumber atau pelatih. Dengan demikian
proses latihan merupakan proses penemuan dan pemecahan masalah serta sekaligus
proses tranformasi pengetahuan dan pengalaman
Pasal 7
METODE LATIHAN
1.
Metode
Ceramah
Adalah penyampaian informasi yang
sifatnya searah. Penceramah memberikan keterangan dan peserta mendengarkan
2.
Metode
Diskusi
Adalah suatu cara penyampaian materi
dimana terjadi percakapan tentang suatu topik pembahasan dan saling mengoreksi
diantara peserta dengan nara sumber
3.
Diskusi
Kelompok
Adalah suatu jenis diskusi dimana
peserta diskusi itu hanya berkelompok-kelompok (antara 4 – 7 ) orang
4.
Metode
Curah Pendapat ( Brainstorming)
Adalah suatu bentuk diskusi
dimana prosesnya adalah satu orang atau pelatih memberikan atau melontarkan
permasalahan dan peserta memberikan ide-ide baru tanpa diberikan komentar, yang
dilakukan secara bebas dan spontan. Diskusi ini melatih keberanian berpendapat,
pemecahan masalah dan pengambilan keputusan
5.
Metode
Bermain ( Role Playing )
Adalah suatu kejadian
tertentu yang dirancang dengan pelaku yang diambil dari peserta latihan.
Berbagai watak dimunculkkan oleh tokoh-tokoh yang telah ditetapkan untuk
kemudian dibahas dan disarikan sebagai pelajaran. Hendaknya permainan peran
dipersiapkan lebih matang dan tidak memaksakan peran pada peserta
6.
Metode
Metaplan
Adalah diskusi dengan
memakai papan planel dan tidak banyak menggunakan lisan, melainkan ungkapan
peserta melalaui tulisan untuk kemudian diklarifikasikan dengan aspek-aspek
yang bersesuaian
7.
Metode
Kasus
Adalah bentuk diskusi
dengan suatu kasus nyata
8.
Simulasi
Metode (Game/Permainan)
Adalah menciptakan suasana
tertentu dari kenyataan hidup yang sesungguhnya dalam bentuk permainan melalui
instrumen tertentu
9.
Diskusi
Reflektif
Adalah merupakan diskusi secara
spontan/bebas untuk mengutarakan pengalaman dan pendapatnya
10.
Metode
Demontrasi
Adalah merupakan metode
peragaan, dimana peserta mempraktekkan sesuatu yang telah direncanakan
11.
Metode
Angket / Kuis
Adalah metode pengamatan
dalam bentuk pertayaan tertulis
12.
Metode
Lokakarya
Adalah diskusi sampai
menghasilkan hasil karya nyata
13.
Metode
Praktek Kerja
Adalah mempraktekkan
sesuatu dalam wujud kerja lapangan
14.
Metode
Observasi
Adalah mengamati sesuatu
secara langusng ke lapangan
Pasal
8
MEDIA LATIHAN
Untuk menjadikan pelatihan dapat
dinikmati, maka pada prosesnya latihan perlu dilengkapi dengan media latihan
yang cukup memadahi antara lain :
1.
Papan
tulis atau write board
2.
Spidol
3.
Kertas
plano
4.
OHP
5.
Alat-alat
penunjang latihan lainnya
Pasal
9
EVALUASI LATIHAN
1.
Prinsip-prinsip
Evaluasi
Sebelum melakukan evaluasi
latihan perlu dipahami beberapa prinsip dasar evaluasi, antara lain :
a.
Evaluasi
dalam latihan partisipatif merupakan bagian integral proses belajar dari semua
pihak yang terlibat, terutama bagi peserta latihan, pelatih dan penyelenggara
latihan
b.
Evaluasi
merupakan bagian integral proses belajar, arahan evaluasi adalah demi perbaikan
(yang bersifat formatif) dan demi pertanggungjawaban (yang bersifat sumatif).
Jadi bukan untuk menghakimi atau menentukan siapa yang benar, siapa yang salah
atau siapa pandai dan siapa bodoh
c.
Evaluasi
arahan demi perbaikan dan demi pertanggung jawaban, maka pelaksanaannya dapat
dilakukan :
-
Dengan
saling mengevaluasi
-
Melakukan
evaluasi diri atau mengadakan refleksi
d.
Evaluasi
dilaksanakan secara berkala, maksudnya kalau ada penyimpangan yang merugikan
segera dapat dikoreksi dan diperbaiki
e.
Pada
dasarnya evaluasi dilaksanakan baik pada tahap pra-latihan, tahap pelaksanaan
latihan dan tahap pasca latihan. Karena tugas yang harus ditunaikan disetiap
tahap berbeda satu sama yang lain, maka pertanyaan evaluasi serta tujuannya
juga berbeda diantara tahap yang satu dengan tahap yang lain
2.
Manfaat
Evaluasi
Evaluasi memberikan
konstribusi dan manfaat yang besar bagi sebuah latihan, adapun manfaat itu
adalah :
a.
Sebagai
masukan bagi proses latihan yang sedang berlangsung
b.
Untuk
masukan bagi penyempurnaan pelaksanaan latihan dimasa yang akan datang
c.
Untuk
menyajikan fakta tentang tingkat keberhasilan latihan kepada berbagai pihak
dalam rangka memberikan pertanggung jawaban terhadap pelaksanaan latihan
3.
Tujuan
Evaluasi
Selama kurun waktu latihan,
evaluasi dilaksanakan berulang kali untuk berbagai tujuan. Dengan demikian
setiap kali melaksanakan evaluasi pada dasarnya mempunyai tujuan
sendiri-sendiri, tetapi secara umum dapatlah dikatakan bahwa tujuan evaluasi
latihan adalah :
a.
Untuk
mengetahui tingkat perubahan sikap serta tingkah laku peserta latihan
b.
Untuk
mengetahui efisiensi dan efektifitas penyelenggaraan latihan
4.
Sasaran
Evaluasi
a. Prestasi belajar, peserta
dengan titik berat pada perkembangan sikap/tingkah laku, pengetahuan dan
keterampilan
b. Efisiensi dan efektifitas
penyelenggaraan latihan
0 comments:
Posting Komentar