31 Jul 2010

CORP BRIGADE PEMBANGUNAN












Corp Brigade Pembangunan (L-CBP) merupakan lembaga yang berdiri pada tanggal 22 Juni 1960 yang kemudian dikukuhkan keberadaannya pada kongres IV Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama di Pekalongan tahun 1965. Lembaga ini, pada awalnya merupakan wadah berhimpun pelajar, Remaja, dan santri IPNU untuk mengimbangi barisan barisan yang mengibarkan panji-panji komunis pada masa itu.

Semangat euforia untuk mengganyang PKI dikalangan pelajar IPNU yang kemudian melahirkan Front Kepalang merahan yang merupakan cikal bakal kelahiran CBP. Semangat partisipasi yang tinggi juga melahirkan CBP wati yang bersama sama dan bahu membahu dalam berpartisipasi serta mengabdi.

Lembaga Corp Brigade Pembangunan dalam sejarah perjalanannya turut mengalami kemunduran seiring dengan hancurnya kekuatan komunis di Indonesia, dengan dipenuhinya kehendak rakyat yang tercermin dalam “ Tritura “ oleh pemerintah saat itu.

Kongres XII IPNU di Garut, jawa Barat 10 - 14 Juli 1996 dalam salah satu rekomendasinya memberikan tugas kepada mandataris kongres untuk mengadakan persiapan yang berkenan dengan akan di aktifkannya kembali Corp Brigade Pembangunan L – CBP. Dan kemudian kemudian keberadaan lembaga ini di kukuhkan pada kongres XIII IPNU di makasar Sulawesi selatan, sekaligus memberikan rekomendasi agar mengadakan pengembangan manajemen dan potensi organisasi agar lembaga ini dapat menjadi mitra masyarakat dan pemerintah dalam membangun bangsa.

Keberadaan CBP selain bertujuan sebagai wadah mengasah diri, memantapakan motivasi dan mengembangkan serta meningkatkan kreatifitas dan pergaulan. CBP Juga berfungsi sebagai gerbang kaderisasi atau perekrutan kiader-kader yang memiliki potensi dibidangnya selanjutnya mengembangkan kualitas sumber daya manusia, dari pada itu CBP merupakan jembatan antara IPNU dengan masyarakat dan pemerintah, juga menjadi pelopor penggerak program-program IPNU dalam mengabdikan diri kepada masyarakat, bangsa, dan Negara.

Tugas CBP adalah melaksanakan kebijakan IPNU, berpartisipasi dalam kegiatan sosial kemasarakatan, pengembangan sumber daya alam dan lingkungan, serta berpartisipasi dalam terlaksananya pendampingan , penguatan masarakat demi tercapainya kesejahteraan. Yang mempunyai tanggung jawab memantapkan dan memelihara keutuhan Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama’ di semua tingkatan, dan turut serta memelihara keutuhan bangsa serta memelihara lingkungan agar terhindar dari kerusakan dan pengrusakan, dan menjalankan peran sosial kemaIPNUsiaan. Dengan visinya yakni mengoptimalkan potensi dan meningkatkan kualitas kader IPNU,yang berakhlakul karimah. Dan misinya adalah berpartisipasi aktif ikut membangun negara Republik Indonesia dengan mengibarkan panji-panji IPNU di setiap pengabdiannya, dalam bidang kedisiplinan dan sosial kemanusiaan.

CBP dalam keanggotaannya yang dibidik meliputi pelajar, santri, mahasiswa yang sesuai dengan PD/PRT IPNU dan ketentuan ketentuan yang telah di tetapkan tentang perekrutan anggota CBP. Dengan sasaran kegiatannya meliputi bidang Kepanduan, kepalang merahan, Pengabdian alam dan masarakat.

Maka telah jelas bahwa jobdis CBP meliputi antara lain Peraturan Baris Berbaris (PBB), Orientasi alam bebas, pengelolaan lingkungan, Sosiologi pedesaan/perkotaan, Komunikasi Masa, Pembangunan daerah, Ke-Pecinta Alam-an, Search and Rescue (SAR), Manajemen Penanggulangan bencana, dan Ke-protokoler-an.

0 comments: